3 Cara Setting Whatsapp Agar Tidak Terlihat Online

  • Whatsapp

WhatsApp memiliki sebuah fitur yang berfungsi untuk menunjukkan bahwa penggunanya sedang online. Fitur tersebut ada pada bagian bar atas akun WhatsApp Anda ketika obrolan dibuka oleh orang lain. Maka disitu akan terlihat kata “online”.

Berkaitan dengan privasi, banyak pengguna yang merasa tidak nyaman dengan adanya fitur tersebut. Namun tenang saja, ada beberapa cara setting WhatsApp agar tidak terlihat online yang bisa Anda coba. Oleh karena itu, simak beberapa cara dan juga trik yang akan dijelaskan di bawah ini.

Cara Setting Whatsapp Agar Tidak Terlihat Online

Dapat dikatakan bahwa cara setting WhatsApp Offline agar tidak terlihat online ini bisa dilakukan secara langsung, alias tanpa bantuan dari aplikasi apapun. Jika Anda ingin mencobanya, maka langsung simak beberapa metode sebagai berikut ini.

1. Mematikan Notifikasi Terlahir Dilihat

Terakhir dilihat atau last seen adalah fitur yang menampilkan waktu terakhir Anda membuka WhatsApp. Jika fitur ini diaktifkan, maka teman yang membuka profil WA Anda akan tahu kapan terakhir kali aplikasi tersebut dibuka.

Dengan cara ini, tentu saja akan membantu Anda untuk terlihat offline. Karena orang yang membuka profil WhatsApp tidak tahu kapan terakhir kali Anda membuka aplikasi tersebut. Untuk itu, berikut cara untuk mematikan notifikasi terakhir dilihat di WhatsApp.

  • Langkah pertama, silahkan aplikasi WhatsApp yang ada di HP Anda.
  • Setelah itu, tap pada ikon pengaturan berupa tiga titik yang ada di bagian kanan atas.
  • Kemudian buka opsi Akun.
  • Nah, pada halaman ini carilah dan pilih menu Privasi.
  • Lalu tap pada opsi Terakhir dilihat atau Last Seen untuk mengatur status online Anda.

Lalu-tap-pada-opsi-Terakhir-dilihat-atau-Last-Seen-untuk-mengatur-status-online-Anda

  • Terakhir, Anda bisa memilih salah satu dua buah opsi yang telah disediakan. Yakni menyembunyikan notifikasi terakhir dilihat tersebut untuk semua orang atau hanya itu kontak yang dimiliki saja.

Perlu untuk Anda ketahui, cara ini memang akan menghilangkan status last seen atau waktu terakhir Anda online dan membuka aplikasi WhatsApp. Namun pada saat Anda membuka WA atau aplikasi tersebut berjalan di latar belakang, maka status online akan tetap muncul.

2. Mematikan Background Data Melalui Menu Pengaturan

Walaupun Anda sudah menutup atau minimize aplikasi WhatsApp, sebenarnya aplikasi tersebut tetap saja aktif pada background dan juga tetap melakukan transfer data. Hal ini tentu saja akan membuat profil WhatsApp Anda tetap menampilkan status online.

Nah, cara untuk mengatasinya adalah dengan mematikan background data dari menu Pengaturan. Cara ini memang cukup rumit, tapi cukup efektif. Untuk itu, langsung saja berikut ini beberapa tahapan yang perlu untuk Anda lakukan.

  • Tahap pertama, buka aplikasi Pengaturan di HP Android Anda.
  • Setelah itu, cari dan buka menu Data Usage atau Penggunaan Data.
  • Lalu pilihlah opsi Wi-Fi data usage atau Cellular data usage, tergantung dengan jaringan yang saat ini Anda gunakan.
  • Nantinya akan muncul banyak aplikasi yang terinstall di HP Anda, dan pilih aplikasi WhatsApp.
  • Kemudian matikan fitur Data latar belakang atau Background Data hingga warna pada kotak yang di-tap hilang.

Kemudian-matikan-fitur-Data-latar-belakang-atau-Background-Data

  • Sekarang, status online di profil WhatsApp Anda sudah tidak terlihat lagi.

Tidak hanya membuat WhatsApp Anda terlihat sedang offline, cara ini juga akan membantu agar kuota dan baterai bisa lebih hemat. Namun, kekurangan dari metode ini adalah pesan WA tidak bisa masuk secara real-time. Agar pesan dapat masuk, Anda perlu membuka aplikasi WhatsApp dahulu.

3. Membuat Status WhatsApp yang Terkesan “Offline”

Bisa dibilang jika sebenarnya trik satu ini bersifat pasif. Jadi Anda akan membuat sebuah status di profil WhatsApp berupa pesan teks yang mencegah teman untuk menghubungi, terlepas dari fakta yang sebenarnya apakah sedang online maupun offline.

Banyak pengguna WhatsApp yang telah menggunakan trik ini, dan mereka telah membuktikan bahwa trik ini cukup efektif untuk mengantisipasi orang lain menghubungi melalui WhatsApp. Jika belum jelas, maka simak langkah-langkah yang ada di bawah ini.

  • Langkah pertama, silahkan aplikasi WhatsApp di HP yang Anda gunakan.
  • Setelah itu, buka pengaturan WA dengan tap pada ikon titik tiga vertikal yang ada di bagian pojok atas kanan layar dan pilih Setelan atau Settings.

Setelah-itu-buka-pengaturan-WA-dengan-tap-pada-ikon-titik-tiga

  • Kemudian tap pada namun profil WhatsApp Anda.
  • Pada bagian About and phone number yang ada di bawah, tap pada tulisan teks pesan status yang saat ini Anda gunakan. Jika belum pernah diubah, maka status tersebut adalah Ada atau Available.
  • Untuk mengubahnya, tap pada ikon edit yang berbentuk pensil.

Untuk-mengubahnya-tap-pada-ikon-edit-yang-berbentuk-pensil

  • Nah, Anda bisa menuliskan kata atau kalimat yang membuat orang lain tidak ingin menghubungi kotak WA lagi.
  • Jika sudah, maka OK dan status WhatsApp sudah berhasil diganti.

Jika Anda bingung untuk menentukan status, maka bisa menggunakan kata seperti Not Available, Offline, atau bisa juga Deleted Number. Untuk mempertegas maksudnya, bisa juga dengan menambah tanda silang (X). Nantinya ketika orang lain melihat profil Anda, maka mereka akan enggan untuk menghubungi.

Tips Untuk Mendukung Agar Terlihat Offline WhatsApp

Selain ketiga metode yang sudah dijelaskan di atas, ada beberapa tips yang bisa Anda tambahkan untuk memperkuat kesan offline di WhatsApp. Oleh karena itu, Anda bisa melanjutkannya cara-cara yang ada di bawah ini.

1. Menghapus Foto Profil

Menghapus-Foto-Profil

Salah satu tanda bahwa pengguna WA sering aktif atau online adalah sering mengganti foto profilnya. Oleh sebab itu, jangan ganti foto profil Anda selama waktu yang diinginkan. Dijamin, mereka akan merasa jika WA Anda sudah tidak pernah digunakan lagi.

Untuk lebih memperkuat kesan online, Anda juga bisa menghapus foto profil WhatsApp. Setelah lama offline, biasanya foto profil WhatsApp akan hilang atau terhapus secara otomatis. Nah, Anda bisa memanfaatkan hal tersebut untuk mengelabuhi teman.

2. Mematikan Tanda Centang Biru

Mematikan-Tanda-Centang-Biru

Fungsi dari fitur centang biru pada obrolan WhatsApp, yakni sebagai tanda jika pesan yang dikirimkan telah dibaca oleh pihak penerima. Apabila fitur tersebut dimatikan, maka pengirim pesan tidak akan tahu apa pesan yang dikirim telah Anda baca atau belum.

Dengan trik yang satu ini, Anda dapat berpura-pura offline atau tidak membaca pesan meskipun sebesarnya telah melihatnya. Bahkan, beberapa pengguna WhatsApp telah membuktikan efektivitas dari trik ini.

3. Tidak Membuat Story WhatsApp

Setelah membuat sebuah story di WhatsApp, maka secara otomatis teman-teman di kontak WA akan tahu jika Anda baru saja online dan membuka aplikasi tersebut. Oleh sebab itu, hindari membuat story jika Anda tidak ingin terlihat oline.

Akan tetapi jika memang benar-benar dibutuhkan, Anda bisa menentukan siapa saja yang dapat melihat story WhastApp Anda dengan cara berikut.

  • Pertama buka aplikasi WhatsApp, dan tap ikon tiga titik vertikal di kanan atas.
  • Lalu pilih menu Settings dan buka Account.
  • Kemudian tap pada opsi Privasi dan pilih My contacts except.

Kemudian-tap-pada-opsi-Privasi-dan-pilih-My-contacts-except

  • Tentukan kontak mana saja yang bisa melihat story WA Anda.
  • Jika sudah, tap pada tanda centang.

Meskipun beberapa cara setting WhatsApp agar tidak terlihat online di atas cukup efektif, namun tidak ada jaminan secara pasti orang lain tidak akan menghubungi Anda melalui WA. Namun tidak ada salahnya jika Anda mencobanya, dan jangan lupa untuk menggunakan trik-trik yang sudah diberikan.

 

Lihat Juga :

Related posts