8 Cara Memperkuat Sinyal WiFi

  • Whatsapp

Sinyal WiFi yang melemah akan membuat kecepatan internet menurun sehingga proses loading menjadi lama. Masalah yang sering terjadi di Indonesia ini membutuhkan solusi cara memperkuat sinyal WiFi laptop yang paling tepat dan efektif.

Cara Paling Efektif untuk Memperkuat Sinyal WiFi

Ada beberapa cara yang bisa Anda coba terapkan untuk membuat sinyal WiFi menjadi lebih kuat sehingga pengalaman browsing Anda jadi lebih menyenangkan. Berikut ini adalah berbagai pilihan cara yang bisa Anda gunakan untuk membuat Sinyal WiFi menjadi kuat.

1. Menaikkan Power Transmisi WiFi

Cara ini adalah untuk membuat sinyal WiFi menjadi lebih kuat, baik di smartphone Android, iPhone, maupun laptop. Yang perlu Anda lakukan adalah mengatur atau mensetting power transmisi sinyal WiFi. Cara ini bisa Anda gunakan di provider internet apapun yang memakai router WiFi atau modem.

Untuk bisa menggunakan cara ini, Anda perlu mempelajari dan mengikuti beberapa langkah berikut ini.

  • Jalankan web browser di laptop Anda lalu masuk dashboard wireless router menggunakan IP router maupun default gateway.
  • Kalau Anda tidak tahu IP router Anda, jalankan Command Prompt dan temukan IP router dari sana. Ketikkan CMD di kolom pencarian laptop lalu buka aplikasi Command Prompt.

Kalau-Anda-tidak-tahu-IP-router-Anda-jalankan-Command-Prompt-dan-temukan-IP-router-dari-sana.-Ketikkan-CMD

  • Setelah jendela CMD terbuka, ketikkan ipconfig lalu tekan tombol Enter. Temukan angka IP di bagian yang bernama Default Gateway. Gunakan IP tersebut untuk dibuka di web browser.
  • Setelah jendela IP router terbuka, isikan username dan password sesuai yang diminta.

Setelah-jendela-IP-router-terbuka-isikan-username-dan-password-sesuai-yang-diminta

  • Klik tab Wireless yang berada di panel sebelah kiri kemudian buka tab Advanced di panel sebelah kanan.
  • Klik lagi tab Wireless di panel sebelah kiri lalu klik Wireless Settings
  • Di pilihan Transmit Power, klik pada pilihan High.
  • Klik tombol Save agar pengaturan baru ini tersimpan dan sinyal WiFi menjadi lebih kuat.

Kalau cara ini belum berhasil, atau sejak awal pengaturan transmit power WiFi Anda memang sudah High, Anda bisa mencoba menggunakan cara memperkuat sinyal WiFi laptop lain di bawah ini.

2. Gunakan WiFi Repeater

Gunakan-WiFi-Repeater

Penyebab lain sinyal WiFi terasa lemot saat browsing menggunakan laptop adalah posisi laptop Anda yang terlalu jauh dari WiFi. Mengubah pengaturan transmit powernya saja tidak cukup. Anda juga membutuhkan perangkat tambahan yaitu WiFi Repeater.

Perangkat tambahan yang satu ini akan menangkap sinyal dari modem kemudian menyebarkan sinyal yang ditangkapnya. Sinyal WiFi pun akan menjadi lebih kuat. WiFi Repeater bisa dibeli di toko elektronik baik secara offline maupun online. Proses instalasinya juga lebih mudah.

Bagi Anda yang sudah menggunakan atau terbiasa dengan WiFi Repeater, bisa menggunakan perangkat lain yaitu access point.

3. Mengubah Channel WiFi

Anda bisa mengubah frekuensi dari sinyal WiFi dan mengubah channel WiFi tersebut. Satu frekuensi WiFi yang sama bisa jadi mempunyai beberapa channel yang bisa Anda pilih dan gunakan. Kalau channel yang Anda gunakan sudah pada, kecepatan WiFi pun akan menurun.

Mengubah channel WiFi bisa dilakukan dengan bantuan aplikasi tambahan yaitu WiFi Analyzer. Alat ini bisa membantu Anda menemukan channel WiFi yang tidak terlalu padat. Kalau Anda menggunakan WiFi dengan frekuensi 2,4 GHz, gunakan channel 11, 6, atau 1. Cara menggunakannya adalah:

  • Nyalakan WiFi lalu sambungkan laptop ke WiFi
  • Kemudian aktifkan aplikasi tambahan WiFi Analyzer. App akan menampilkan angka 1 hingga 14. Temukan channel yang sepi dan tidak padat, ingat atau catat nomor channel tersebut.
  • Jalankan web browser yang sering Anda gunakan. Gunakan cara pertama untuk masuk konfigurasi WiFi router.
  • Masuk ke menu WLAN kemudian temukan Mode atau Channel. Lalu pilih channel berdasarkan hasil WiFi Analyzer tadi sehingga Anda bisa mendapatkan akses internet yang lebih leluasa.

Masuk-ke-menu-WLAN-kemudian-temukan-Mode-atau-Channel

Atau, Anda bisa mencoba mengubah frekuensi dari sinyal WiFi kalau cara yang satu ini ternyata kurang efektif dalam meningkatkan kekuatan sinyal WiFi di laptop.

4. Mengganti frekuensi sinyal WiFi

Mengganti-frekuensi-sinyal-WiFi

Biasanya, jaringan WiFi yang digunakan di rumah menggunakan frekuensi tertentu, yaitu 2.4 GHz. Kalau frekuensi ini ternyata sudah padat pengguna, Anda bisa mencoba mengganti frekuensi ke 5 GHz. Di frekuensi ini, Anda bisa memperoleh channel dalam jumlah yang lebih banyak.

Banyaknya channel yang tersedia tentu akan membantu Anda agar terhindar dari gangguan atau interferensi sinyal WiFI. Cara memperkuat sinyal WiFi laptop yang satu ini bisa membuat koneksi internet menjadi lebih lancar dan lebih cepat dibandingkan sebelumnya.

Tapi sebelum mengubah frekuensi dari 2.4 GHz menjadi 5GHz, pastikan seluruh perangkat termasuk smartphone dan laptop yang digunakan sudah mendukung teknologi yang satu ini.

5. Ubah posisi router WiFi

Ubah-posisi-router-WiFi

Penyebab lain sinyal WiFi menjadi lemah sebenarnya adalah letak router WiFi yang salah. Posisi dari antena router ternyata sangat berpengaruh terhadap arah pancaran WiFi yang ada di rumah. Ubah arah antena WiFi hingga kecepatan internet menjadi lebih baik.

Biasanya, WiFi yang digunakan di rumah dilengkapi dengan antena jenis omni atau antena yang bisa menjangkau hingga 360 derajat. Anda bisa mencoba memindahkan letak wireless router atau access point ke titik yang paling sering digunakan. Hal ini membuat area tertentu mendapat sinyal kuat.

6. Lakukan restart pemancar WiFi secara rutin

Lakukan-restart-pemancar-WiFi-secara-rutin

Router atau pemancar WiFi yang terlalu sering digunakan juga bisa menjadi penyebab lemahnya sinyal WiFi. Router yang kelelahan atau pemakaian yang terlalu tinggi bisa membuat daya pancar router tersebut menurun atau melemah. Melakukan restart terhadap router WiFi akan mengatasi masalah ini.

7. Gunakan teknologi WiFi yang terbaru di laptop

Gunakan-teknologi-WiFi-yang-terbaru-di-laptop

Kalau laptop Anda sudah berusia cukup tua, bisa jadi teknologi yang dimilikinya sudah ketinggalan jaman dan tidak sanggup mendukung perkembangan teknologi. Kalau Anda menggunakan teknologi nirkabel atau wireless yang lebih baru, pastikan laptop juga mempunyai teknologi yang baru.

Bukan berarti Anda harus mengganti laptop lawas dengan yang baru. Anda hanya perlu mengganti teknologi wireless card di laptop tersebut. Teknologi wireless yang paling sering ditemukan di laptop adalah b/g/n/ac sedangkan teknologi wireless terbaru merupakan ax.

Anda bisa mencoba menggunakan wireless card atau menggunakan wireless adapter atau dongle yang dilengkapi teknologi WiFi yang terbaru.

8. Gunakan teknologi pengarah sinyal

Gunakan-teknologi-pengarah-sinyal

Cara memperkuat sinyal WiFi laptop yang paling unik adalah menggunakan teknologi bernama pengarah sinyal WiFi. Anda bisa membuat alat ini sendiri di rumah dengan menggunakan barang bekas seperti kaleng minuman bekas. Gunting bagian atas dan bawah kaleng bekas.

Belah bagian tengah kaleng sehingga Anda akan mendapatkan selembar kaleng. Letakkan lebaran tersebut di antena router atau di suatu tempat antara laptop dan pemancar router. Sinyal WiFi pun akan membelok dan menjadi lebih kuat saat diterima oleh PC atau laptop.

Selain menggunakan kaleng bekas, Anda juga bisa menggunakan bahan lain seperti alumunium foil maupun panic. Cara ini sudah dicoba dan terbukti efektif untuk memperkuat sinyal WiFi di laptop.

 

Lihat Juga :

Related posts