2 Cara Flash Oppo A37

  • Whatsapp

Anda bisa flash Oppo A37 saat mengalami beberapa masalah tak terselesaikan seperti lupa password/PIN, downgrade OS, hp hang, atau terjadi error pada sistem operasi. Tak hanya itu, flash juga bisa mengatasi kinerja hp yang lemot, bootloop, dan membantu membersihkan virus atau malware lho.

Oppo A37 sendiri adalah smartphone Android berkualitas tinggi yang hadir dengan layar touchscreen 5.0 inch, didukung oleh prosesor Quad-core 1.2 GHz bersama dengan RAM 2 GB dan perangkat berjalan pada sistem operasi Android V5.1 (Lollipop).

Pengertian Flashing dan Persiapan Sebelum Melakukannya

Pengertian-Flashing-dan-Persiapan-Sebelum-Melakukannya

“Flashing smartphone” termasuk hal yang umum akhir-akhir ini karena hampir tidak ada orang yang belum pernah mendengarnya. Flashing sendiri adalah proses yang memungkinkan seseorang memprogram ulang smartphone karena satu dan lain alasan seperti yang disebutkan di atas.

Ada dua metode berbeda nih untuk mem-flash smartphone Anda, yaitu full flash dan partial flash. Mirip dengan mengembalikan hp ke setelan pabrik (reset), kedua metode flashing juga bisa menghapus semua pengaturan dan data yang ada di dalam hp Anda.

Jadi sebelum mulai melakukan flash, sangat disarankan untuk melakukan back up data terlebih dulu untuk semua informasi penting yang ada di dalam hp Anda, karena ada kemungkinan bahwa data-data ini akan hilang dalam proses flashing.

Jika Anda memindahkan atau menyimpan file backup di dalam kartu SD, maka lepaskan kartu SD saat Anda melakukan flashing, sehingga data-data Anda akan tetap aman.

Flashing membutuhkan kehati-hatian karena melakukannya dengan sembarangan mungkin justru akan membuat hp Anda lebih rusak dan pada akhirnya akan menghabiskan banyak biaya karena Anda harus membawanya ke tempat servis.

Guna menghindari kondisi seperti di atas, maka pastikan hal-hal berikut Anda pertimbangkan dengan baik sebelum memulai flash:

  • Pastikan tingkat baterai hp Anda terisi antara 50 hingga 70 persen karena proses flash yang terputus / terhenti bisa menyebabkan kerusakan pada perangkat.
  • Pastikan kabel USB Anda masih dalam kondisi yang baik untuk memastikan koneksi yang baik antara hp Anda dan PC / laptop.
  • Jika tujuan flash Anda karena ingin downgrade OS, maka sebelumnya Anda harus download dulu versi yang benar dari firmware / OS yang Anda inginkan.
  • Jangan hentikan flash yang sedang berlangsung.

Catatan: sebaiknya Anda tidak melakukan downgrade, dan sudah menggunakan OS terbaru saat melakukan flash guna mendapatkan hasil terbaik, karena melakukan flash dengan versi OS lama dapat menyebabkan masalah lebih lanjut.

Keuntungan Flash Oppo A37

Keuntungan-Flash-Oppo-A37

Selain bisa menyelesaikan beberapa masalah seperti yang disebutkan di atas, melakukan flash pada hp Oppo A37 Anda ternyata juga memberikan beberapa keuntungan seperti berikut lho:

  • Hp dioptimalkan untuk aplikasi ponsel yang lebih tinggi.
  • OS Android (sistem operasi) ditingkatkan.
  • Pengalaman pengguna yang lebih baik.
  • Fitur baru seperti tema / skin.
  • Penggunaan baterai yang lebih baik.
  • Perbaikan bug.

Cara Flash Oppo A37

Flashing hp bisa dibilang susah-susah gampang. Dibilang mudah karena cara flash bisa Anda pelajari sendiri dan sudah banyak tutorialnya di internet. Tapi dibilang susah karena jika Anda melakukannya kesalahan saat proses flash berlangsung, ada kemungkinan bahwa hp Anda bisa rusak / error.

Karena itu, jika memang Anda tidak yakin untuk melakukannya sendiri, sebaiknya mintalah bantuan teman yang sudah berpengalaman atau langsung saja masukkan ke tempat servis. Tapi jika merasa sanggup untuk melakukannya, Anda bisa ikuti cara-cara di bawah ini:

1. Flash dengan Flashtool MSM

Pengembang membangun sistem operasi Android dengan kemampuan penyesuaian. Pernahkah Anda mendengar tentang AOSP (Android Open-Source Project)?

AOSP adalah situs web dengan informasi dan kode sumber untuk membantu membuat varian khusus dari OS Android, jadi sangat mudah untuk bermain-main dengan perangkat Android Anda termasuk untuk flashing. Anda bisa mulai dengan mengikuti langkah-langkah yang disebutkan di bawah ini:

Langkah 1: Backup Data Oppo A37

Langkah-1-Backup-Data-Oppo-A37

Karena proses flashing secara permanen menghapus semua data yang ada pada Oppo A37 Anda, sebaiknya buat cadangan informasi terlebih dulu. Anda bisa melakukan ini di komputer, cloud, atau kartu SD dengan ruang penyimpanan lain yang sesuai.

Jika Anda melakukan backup di cloud menggunakan akun Google, Anda mendapat keuntungan untuk bisa menyimpan semua pesan teks dan histori telepon Anda.

Jika Anda tidak ingin membackup semua data termasuk gambar / foto, rekaman audio, lagu, video, dan hal apa pun, maka Anda bisa simpan data backup ke komputer tapi Anda akan menghabiskan waktu lama. Jika ingin yang lebih simpel, Anda bisa menggunakan aplikasi backup yang ada di Google Play Store.

Langkah 2: Download Bahan di PC / Laptop

Langkah-2-Download-Bahan-di-PC-Laptop

Pastikan untuk menggunakan PC / laptop yang memiliki baterai lebih dari 50%, atau jika lebih rendah dari ini, pastikan Anda berada di tempat yang dekat dengan charger dan stop kontak. Setelah itu download QUALCOMM USB DRIVER, Firmware Oppo A37, dan MSM FLASHTOOL ke PC / laptop Anda:

Langkah 3: Buka Kunci Bootloader / Root Hp Anda

Satu-satunya cara Anda dapat flash Oppo A37 adalah setelah Anda berhasil membuka kunci bootloader. Bootloader sendiri mirip dengan BIOS jika pada komputer atau laptop. Secara default, semua perangkat Android dikirimkan dengan bootloader terkunci yang mencegah pengguna melakukan flashing.

Lalu bagaimana cara membuka kunci bootloader? Caranya bervariasi tergantung merk dan model Android Anda. Tapi untuk Oppo A37, Anda bisa lakukan dengan mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Langkah pertama adalah aktifkan “Sumber Tidak Dikenal” dengan cara masuk ke bagian Pengaturan > pilih Keamanan > lalu geser tombol di sebelah tulisan “Sumber Tidak Dikenal” sampai tombolnya berwarna hijau.

Langkah-pertama-adalah-aktifkan-Sumber-Tidak-Dikenal

  • Selanjutya download aplikasi bernama “Kingroot” ke perangkat Oppo A37 Anda. Anda bisa download dari situs ini: https://rootmydevice.com/download-kingroot-apk/. Setelah terdownload, buka folder download dan tab file dengan tulisan “kingroot.apk” untuk memulai proses instalasi.
  • Setelah menginstal kingroot, buka aplikasi dan tab tombol biru dengan tulisan “Start Root” untuk memulai proses rooting. Saat proses rooting berlangsung, layar perangkat Anda akan menampilkan pesan berisi: “Rooting. Please don’t worry if your device reboot”.

Setelah-menginstal-kingroot-buka-aplikasi-dan-tab-tombol-biru-dengan-tulisan-Start-Root

  • Jika proses rooting sudah selesai dan tidak ada masalah, Anda akan mendapatkan pesan lagi berisi: “Root Successfully”.

PERINGATAN: rooting Oppo A37 akan membatalkan garansi yang masih berlaku! Jadi pikirkan baik-baik sebelum melakukannya.

Langkah 4: Boot Hp ke Mode Recovery

  • Cara masuk ke mode recovery adalah tekan dan tahan volume bawah + tombol power. Tindakan ini akan membuka layar bootloader yang memiliki berbagai opsi.
  • Gunakan tombol volume untuk menemukan menu “Recovery”, dan gunakan tombol power sebagai pengganti perintah “Ok”.

 Gunakan-tombol-volume-untuk-menemukan-menu-Recovery-dan-gunakan-tombol-power-sebagai-pengganti

  • Anda tidak perlu bingung atau melihat menu-menu lain, cukup fokus saja pada opsi recovery. Setelah itu, hubungkan Oppo A37 dengan komputer menggunakan kabel USB.

Langkah 5: Mulai Proses Flash

  • Setelah kedua perangkat tadi terhubung, sekarang buka “MSM FLASHTOOL” yang ada di komputer Anda dan klik tombol “Start” yang ada di pojok kiri atas, dan proses flash akan dimulai otomatis. Anda hanya tinggal menunggu sampai proses ini selesai.

Setelah-kedua-perangkat-tadi-terhubung-sekarang-buka-MSM-FLASHTOOL

  • Jika sudah selesai, layar komputer akan memunculkan tulisan “USB Download Complete” berwarna hijau. Jika tulisan ini sudah ada, Anda hanya perlu cabut kabel USB dari komputer dan sekarang coba cek Oppo A37 Anda.

2. Flash Lewat SD Card

Jika karena alasan tertentu Anda tidak bisa atau tidak ingin melakukan flash menggunakan PC / laptop, maka Anda bisa manfaat SD Card, tapi sebelumnya pastikan dulu bahwa data-data penting di dalam SD Card sudah Anda backup. Selanjutnya ikuti langkah-langkah berikut:

  • Download Firmware Oppo A37 ke hp Anda dan simpan di SD Card.
  • Lakukan root hp dan lanjut masuk ke mode recovery seperti cara yang sudah dijelaskan di atas.
  • Selanjutnya di dalam mode recovery, gunakan tombol volume untuk memilih menu “Install from Storage”, kemudian pilih “Install from SD card”.

Selanjutnya-di-dalam-mode-recovery-gunakan-tombol-volume-untuk-memilih-menu-Install-from-Storage-kemudian-pilih-Install-from-SD-card

  • Setelah itu, pilih firmware yang sudah Anda download dan simpan di dalam SD card tadi. Gunakan “tombol power” untuk melakukan perintah “Ok”. Proses flashing akan dimulai setelah ini dan akan selesai jika sudah muncul tulisan “Updating Successfully”.

Berdasarkan seluruh penjelasan di atas, dapat disimpulkan bahwa  flash Oppo A37 menawarkan Anda solusi efektif saat terjadi masalah pada perangkat, tapi Anda juga harus melakukannya dengan sangat hati-hati karena sedikit saja kesalahan bisa menyebabkan error atau bahkan kerusakan.

 

Lihat Juga :

Related posts