3 Cara Cek FUP IndiHome

  • Whatsapp

Apakah Anda pelanggan baru IndiHome dan belum tahu cara cek FUP IndiHome? Para pelanggan lama mungkin sudah hafal, tapi sepertinya banyak pelanggan baru yang belum tahu kenapa kecepat internet menjadi lambat saat pertengahan atau akhir bulan. Bahkan mungkin banyak yang tidak tahu apa itu FUP.

Jika hal yang sama terjadi pada Anda, jangan langsung marah-marah dulu ya ke pihak IndiHome, karena kondisi tersebut bisa saja disebabkan oleh sudah terpenuhinya batas FUP IndiHome Anda.

Apa Itu FUP IndiHome?

Apa-Itu-FUP-IndiHome

Menjadi salah satu yang paling populer di Tanah Air membuat IndiHome menjadi provider internet rumahan yang paling banyak digunakan. Provider ini menyediakan layanan internet berbasis Fiber Optik dengan beberapa pilihan paket internet unlimited mulai dari 10 – 100 Mbps.

Tapi, internet unlimited yang diberikan oleh IndiHome rupanya tidak benar-benar unlimited, karena ada batasan FUP yang akan berpengaruh pada kecepatan internet Anda. FUP sendiri adalah singkatan dari Fair Usage Policy, yang jika diterjemahkan ke bahasa Indonesia berarti “Kebijakan Penggunaan Wajar”.

FUP diterapkan oleh IndiHome guna membatasi penggunaan kecepatan internet untuk pengguna berat. Hal ini dilakukan untuk mencegah penggunaan berlebihan atau penyalahgunaan layanan oleh beberapa pengguna, yang dapat menyebabkan tidak tersedianya layanan untuk pengguna lain.

Jadi ketika satu atau beberapa pelanggan menggunakan internet dalam jumlah besar, maka kecepatan internet pelanggan lain di jaringan yang sama dapat terpengaruh. Batas FUP ini terutama ditetapkan untuk rencana penggunaan tidak terbatas sehingga pengguna tidak melampaui batas yang ditentukan.

Bagaimana Jika FUP Terlampaui?

Bagaimana-Jika-FUP-Terlampaui

Jika batas FUP terlampaui, maka kecepatan internet akan berkurang atau biasa disebut lemot. Jadi internet bukan sama sekali tidak bisa digunakan ya, tapi kecepatannya saja yang berkurang. Karena itu, sangat penting untuk mengetahui cara cek FUP IndiHome agar Anda tidak kehabisan speed saat akhir bulan.

Adapun aktivitas online yang dapat membuat FUB cepat terlampaui termasuk streaming video berkualitas tinggi untuk jangka waktu yang lama, mengirim atau menerima file data yang sangat besar dan sering, dan sebagainya.

Artinya, IndiHome dapat memantau penggunaan internet Anda dan jika Anda melampaui batas penggunaan wajar tadi, IndiHome dapat membatasi kecepatan jaringan Anda hingga bulan berikutnya / akhir siklus penagihan.

Meski kebijakan FUP ini tampak tidak menyenangkan, tapi alasan di balik tindakan ini sangat bagus kok, yaitu IndiHome ingin memastikan bahwa setiap pelanggannya memperoleh internet secara adil/rata sehingga pelanggan mendapat pengalaman terbaik dalam menggunakan layanan internet IndiHome.

Berapa Batas FUP IndiHome?

Berapa-Batas-FUP-IndiHome

Batas FUP IndiHome akan berbeda-beda tergantung pada paket internet mana yang Anda ambil. Jika Anda mengambil paket di bawah 100 Mbps, Anda akan mendapat dua batasan FUP.

Batasan FUP pertama adalah kecepatan internet akan menurun hingga 75%. Sedangkan batasan FUP kedua adalah kecepatan internet diturunkan menjadi 40% saja.

Sedangkan untuk Anda yang mengambil paket 100 Mbps, hanya ada satu batasan FUP, yaitu kecepatan diturunkan hingga 50% saja. Sebagai contoh dan agar lebih jelas, Anda bisa cek penjelasan di bawah ini:

FUP 10 Mbps IndiHome

FUP total yang akan didapatkan oleh pelanggan IndiHome yang mengambil paket internet 10 Mbps adalah 300GB. Jika Anda sudah menggunakan lebih dari 200GB, maka pihak IndiHome akan menurunkan kecepatan internet hingga 75% dari kecepatan normal atau menjadi 7,5 Mbps.

Jika Anda menghabiskan lebih dari 300GB, maka kecepatan internet akan diturunkan kembali menjadi 40% saja atau sekitar 4Mbps.

Namun setiap awal bulan, biasanya per tanggal 1, perhitungan ini akan direset otomatis dan Anda akan kembali mendapat FUP 300GB dengan kecepatan normal sampai Anda menghabiskan penggunaan wajar Anda.

FUP 20 Mbps IndiHome

Jika memilih paket 20 Mbps, kuota yang akan Anda dapatkan adalah sebesar 500 GB. Jika Anda sudah menghabiskan 500GB ini, maka kecepatan internet akan turun menjadi 14 Mbps, dan jika penggunaan Anda mencapai 800 GB, maka kecepatan internet akan turun lagi dari 20 Mbps menjadi 8 Mbps saja.

FUP 30 Mbps IndiHome

Kuota yang akan Anda dapatkan jika mengambil paket IndiHome 30 Mbps adalah 800 GB. Saat Anda sudah menghabiskan sekitar 600 GB maka, maka kecepatan internet akan menjadi 22 Mbps, dan jika pemakaian sudah lebih dari 800 GB, maka kecepatannya hanya sekitar 12Mbps.

FUP 40 Mbps IndiHome

Paket internet 40 Mbps dari IndiHome mendapat kuota pemakaian sebesar 900GB. Jika batas penggunaan pertama Anda sudah terpenuhi, kecepatan internet akan menjadi 30 Mbps.

Jika batas kedua sudah terlampaui, maka Anda hanya bisa menikmati internet dengan kecepatan 16 Mbps saja dari yang semula 40 Mbps.

FUP IndiHome 50 Mbps

Jika ingin kuota yang lebih besar, maka Anda bisa coba paket IndiHome 50 Mbps dengan kuota 1.200GB. Penurunan kecepatan pertama untuk paket ini adalah 37,5 Mbps, dan penurunan kecepatan kedua adalah 20 Mbps yaitu saat Anda sudah menghabiskan 2.000GB.

FUP IndiHome 100 Mbps

Paket IndiHome 100 Mbps adalah yang paling tinggi sejauh ini, dengan total kuota 2000GB. Saat Anda sudah menggunakan 1200GB, maka kecepatan internet akan turun sebanyak 50% atau menjadi 50 Mbps.

Bagaimana Cara Cek FUP IndiHome?

Anda tidak perlu menelpon call center IndiHome atau bahkan datang langsung ke kantor untuk mengetahui FUP IndiHome Anda, cukup lakukan dengan smartphone atau laptop dari rumah. Ada beberapa opsi nih yang bisa Anda coba, yaitu:

1. Gunakan Aplikasi MyIndiHome

Sebelumnya Anda harus download dulu aplikasinya dari Google Play atau App Store dan buat akun lebih dulu jika ini adalah kali pertama Anda menggunakannya.

Cara membuat akunnya cukup dengan klik tombol “Daftar” dan ikuti saja petunjuk yang ada di layar. Jika sudah memiliki akun, ikuti langkah-langkah di bawah ini:

  • Buka aplikasi dan login ke akun Anda.
  • Klik gambar yang mirip seperti orang.
  • Klik tulisan “Status Langganan” dan FUP Anda akan terlihat.

Klik-tulisan-Status-Langganan-dan-FUP-Anda-akan-terlihat

2. Cek dari Website

  • Buka browser yang biasa Anda gunakan dan kunjungi situs resmi IndiHome di https://indihome.co.id/
  • Arahkan kursor ke pojok kanan atas dan pilih “Daftar akun” jika Anda belum memiliki akun, dan klik “Login” jika sudah memilikinya.
  • Cari dan klik gambar orang yang biasanya ada di pojok kanan atas, lalu pilih “Status Langganan”. FUP Anda akan ditampilkan di layar.

Cari-dan-klik-gambar-orang-yang-biasanya-ada-di-pojok-kanan-atas-lalu-pilih-Status-Langganan

3. Lewat SMS

Jika Anda sedang tidak bisa menggunakan internet di rumah misalnya karena listrik padam tapi Anda ingin segera tahu berapa batas FUP IndiHome Anda, maka Anda bisa cek lewat SMS dengan format berikut:

  • Ketik ISP (spasi) IH (spasi) kode area + nomor telepon (IndiHome).

Ketik-ISP-spasi-IH-spasi-kode-area-nomor-telepon-IndiHome

  • Kirim SMS ke nomor Informasi terakhir tentang biaya kirim SMS ini sekitar Rp 350/SMS, tapi tergantung juga pada operator masing-masing.

Sangat penting bagi setiap pelanggan IndiHome untuk mengetahui cara cek FUP IndiHome, jadi nantinya Anda bisa membatasi atau mengontrol penggunaan internet di rumah sehingga saat pertengahan atau akhir bulan kecepatan internet Anda tidak berkurang.

 

Lihat Juga :

Related posts