Melacak HP Hilang – Cara Mudah dan Cepat

Melacak HP Hilang[1] – Handphone atau HP merupakan perangkat yang berperan penting bagi masyarakat modern. Hampir semua pekerjaan bisa dilakukan dengan mudah dengan menggunakan perangkat tersebut. Jadi ketika HP yang dimiliki hilang, maka akan membuat panik dan juga frustasi kan?

 Nah, bagi Anda yang menggunakan HP Android, ada beberapa cara melacak HP yang hilang. Tentu saja ini dilakukan berkat perkembangan teknologi yang semakin maju. Jadi jika HP yang Anda miliki tiba-tiba hilang, jangan panik dan ikuti penjelasan yang akan dijelaskan dalam artikel ini.

Melacak HP Hilang
Melacak HP Hilang

Cara Melacak HP Hilang

Mungkin Anda akan menemukan banyak aplikasi di Google Play Store yang berkaitan dengan pelacakan HP. Melacak HP Hilang Namun tidak sedikit aplikasi yang tidak efektif untuk digunakan bahkan tidak berfungsi sama sekali. Untuk itu, ikuti saja beberapa cara melacak HP yang hilang yang akan dijelaskan dibawah ini.

Melalui Email

Cara melacak HP Android yang bisa Anda coba pertama, adalah melalui email. Pada umumnya, setiap HP para pengguna HP Android telah login akun email pada perangkatnya tersebut. Melacak HP Hilang Nah, dari email yang sudah login dalam HP tersebut, Anda bisa menggunakannya untuk melacak HP yang hilang.

Pada sistem operasi Android, mengharuskan setiap penggunanya untuk login dengan akun Google agar Google Play Store bisa digunakan. Jika Anda sudah login akun Google atau gmail ke HP yang hilang, maka bisa mencoba cara sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama, sediakan satu HP Android yang akan digunakan melacak.
  2. Jika sudah, silahkan buka aplikasi Gmail dan login akun gmail dan juga kata sandi yang Anda masukkan di HP yang hilang.
  3. Ketika sudah berhasil login akun gmail yang Anda miliki, tap pada tampilan Gmail versi Web.
  4. Setelah itu, tap ikon titik sembilan yang berada di bagian kanan atas.
  5. Kemudian pilih opsi masuk pada Akun Google (Google Account), dan gulir ke arah bawah.
  6. Pada bagian Temukan Ponsel Anda, tap pada opsi Mulai.
  7. Lalu pilih seri atau tipe dari HP Anda yang sedang dilacak.
  8. Lanjut dengan memasukkan ulang kata sandi email yang ada di HP hilang, dan tap pada opsi Temukan.
  9. Nantinya, aplikasi Google Map akan terbuka. Silahkan tutup aplikasi tersebut.
  10. Kemudian pilih lagi jenis HP yang hilang, dan tap pada ikon refresh untuk mengupdate posisi terkini di Google Maps dari HP yang hilang.
  11. Nah, sekarang posisi HP tersebut sudah terbaca dan Anda bisa langsung mencarinya.

Melalui Google Maps

Melalui Google Maps
Melalui Google Maps

Tidak hanya melalui Gmail, Anda juga bisa melacak HP dengan memanfaatkan fitur dari Google Maps. Melacak HP Hilang Di dalam aplikasi ini, Anda akan melihat banyak layanan seperti kondisi jalan, peta jalan raya, panorama, kondisi lalu lintas, rute perjalanan, dan masih banyak lagi.

Selain beberapa fitur yang sudah dijelaskan di atas, apakah Anda tahu jika Google Maps juga telah dibekali fitur yang berfungsi untuk melacak keberadaan HP yang hilang? Nah, jika Anda belum tahu caranya, maka berikut langkah-langkah yang perlu untuk dilakukan.

  1. Pertama, siapkan satu HP untuk melacak HP yang hilang.
  2. Kemudian, silahkan buka aplikasi Setting yang ada di HP tersebut.
  3. Lalu pilih menu bagi lokasi dan tap tombol mulai yang berada di bagian pojok atas kiri.
  4. Setelah itu, tentukan waktu pelacakan yang diinginkan. Misalnya saja 1 jam atau sampai fitur tersebut dinonaktifkan supaya Anda dapat terus melacaknya.
  5. Langkah berikutnya, tap pada tombol Pilih orang dan isikan alamat email yang sudah login pada HP yang hilang.
  6. Tap pada tombol Bagikan dan pilih Aktifkan, maka lokasi dari HP yang hilang akan muncul di Google Maps.
  7. Nantinya pelacakan akan berhenti secara otomatis sesuai waktu yang tadi telah Anda tentukan.

Menggunakan Find My Device

Menggunakan Find My Device
Menggunakan Find My Device

Find My Device merupakan aplikasi yang dibuat oleh Google. Sesuai dengan namanya, aplikasi tersebut memiliki fungsi untuk melacak dan menemukan perangkat yang hilang. Melacak HP Hilang Dibandingkan dengan beberapa cara sebelumnya, bisa dibilang penggunaan aplikasi ini yang paling mudah.

  1. Hal pertama yang perlu dilakukan adalah download aplikasi Find My Device dari Play Store di HP yang digunakan untuk melacak.
  2. Jika Find My Device sudah berhasil dipasang, langsung saja buka aplikasi tersebut.
  3. Kemudian masukkan alamat email dan juga kata sandi Gmail yang login pada HP yang hilang.
  4. Nantinya, aplikasi tersebut akan memunculkan lokasi dari HP yang hilang secara otomatis.

Menggunakan ADM

ADM atau yang merupakan singkatan dari Android Device Manager, adalah sebuah aplikasi gratis yang bisa Anda manfaatkan untuk melacak keberadaan HP Android yang hilang. Melacak HP Hilang Aplikasi yang juga dibuat oleh Google ini akan mengaktifkan GPS pada HP tujuan secara otomatis.

Namun sebelum Anda menggunakan ADM, pastikan terlebih dahulu bahwa sekiranya HP yang hilang belum kehabisan baterai. Melacak HP Hilang Pasalnya ADM tidak dapat melacak HP yang tidak bisa mengaktifkan GPS. Nah, berikut ini cara menggunakan Android Device Manager untuk melacak HP yang hilang.

  1. Langkah pertama, silahkan download aplikasi Android Device Manager di HP lain.
  2. Jika ADM sudah diinstall, buka aplikasi tersebut lalu login dengan menggunakan alamat email akun Gmail yang ada di HP yang hilang.
  3. Tunggu selama beberapa saat, maka aplikasi ADM akan memunculkan lokasi dari HP yang sedang dilacak secara otomatis.
  4. Langkah terakhir, Anda bisa mencatat alamat keberadaan dari HP tersebut untuk kemudian mencarinya secara langsung.

Melacak HP dalam Keadaan Mati

Mungkin beberapa cara yang sudah dijelaskan sebelumnya tidak terlalu efektif jika HP yang dilacak dalam keadaan mati. Namun tenang saja, masih ada cara lain yang bisa Anda lakukan untuk melacak HP Android walaupun dalam keadaan mati.

Cara yang satu ini kembali memanfaatkan fitur yang ada pada Google Maps. Melacak HP Hilang Akan tetapi, cara ini hanya akan menampilkan keberadaan terakhir HP yang hilang sebelum HP tersebut mati. Jika Anda ingin mencobanya, maka bisa mengikuti beberapa tahapan sebagai berikut ini.

  1. Langkah pertama, ambil satu HP Android lain untuk melacak.
  2. Setelah itu, buka aplikasi Google Maps yang ada pada HP tersebut.
  3. Kemudian tap pada ikon tiga garis yang terletak di bagian pojok atas kiri aplikasi.
  4. Lalu pilih opsi Add Account dan masukkan alamat email dan kata sandi gmail yang sebelumnya sudah login di HP yang hilang.
  5. Tap pada ikon hamburger satu kali lagi, dan pilih opsi Your Timeline.
  6. Pada tahapan ini, proses pelacakan HP akan dimulai.
  7. Nah, Anda dapat tap pada ikon kalender untuk mengetahui posisi HP selama beberapa waktu terakhir.

 Seperti yang tadi sudah dikatakan di awal, bahwa ada banyak aplikasi yang berkaitan dengan pelacakan HP hilang. Melacak HP Hilang Tapi beberapa cara melacak HP yang hilang di atas, merupakan cara yang paling efektif digunakan karena sudah banyak orang yang telah membuktikannya.

Referensi

  • https://skda.co.id/cara-melacak-hp-hilang-dengan-imei-email-dan-lewat-wa/